{hypnolangsing} my story

Standard

Hypnolangsing

Postingan gw yg sebelumnya disini mengenai group session-nya Hypnolangsing yg First session. Tapi di postingan yang ini, gw ga akan menceritakan secara detail apa yang dilakukan pd session kedua dan ketiga. Kalau mau lebih jelas mengenai apa-apa saja yang dibahas per session, please read Affi’s article here 🙂
Sekarang gw mau sharing praktek hypnolangsing selama 2 minggu ini, dari tanggal 12 November sampai per hari ini, secara garis besarnya ajah sih🙂

Sebelumnya, gw bahas lagi soal 5 magic rules dan hunger scale karena 2 bagian inilah sangat penting.
5 magic rules hypnolangsing, yaitu:

1. Makanlah ketika anda lapar
Disini maksudnya adalah lapar secara fisik. Jd emang bener-bener laper. Jangan makan karena emosi misalnya lagi sedih, marah, dll. Kenali tanda-tanda lapar fisik. Ada org yg tanda laparnya: keroncongan, pusing, perih, dll. Mau jam berapa aja even malam hari, kalau lapar fisik, ya makan aja🙂 Biasanya lapar fisik ini muncul secara perlahan. Kalo lapar yang muncul tiba-tiba seperti misalnya habis melihat cake di iklan tv, atau habis mencium aroma makanan trus kepikiran lapar…nah itu lapar boongan ya ga usah makan😀
Biasanya, untuk mendekteksi gw lapar fisik atau tidak, pada saat gw mengira gw lapar, gw minum segelas air putih. Nah kalo selang 5 – 10 menit masih lapar, berarti itu memang lapar fisik. Karena terkadang haus itu tersamarkan menjadi lapar. Jadi karna kita makan ketika kita lapar, jam makannya bisa berubah deh. Tapi kalo gw tiap pagi pasti sarapan. Sarapan gw 1 roti gandum + 2 telor rebus yg putihnya ajah.

2. Makan yang anda inginkan
Lagi pengen makan apa hari ini, apakah bakso atau burger? Nah kita makan yg bener2 kita lagi pengen. Why? Supaya nanti kalo sudah netral, ga pengen makan yg lain lagi. Sudah terpuaskan gitu😀 Contohnya nih: kok gw pengen makan bakso yah, eh tapi apa burger yah. Badan gw sih pengen makan burger, tapi berhubung tadi di sekolah ada yang mention bakso kok jadi pengen. Gw lalu makan bakso. Tapi karena abis makan bakso masih kepikiran sama burger, abis itu gw beli burger dan akhirnya gw makan burger. Alhasil kenyangnya minta ampun😀 Nah kalo dari awal aja gw makan burger, ya udah akan stop disitu. Pasti bakalan pada bilang, bisa ajah kan walopun udah makan burger, eh teteup kepikiran bakso. Nah kalo hal itu terjadi, tinggal bilang sama diri sendiri, masih akan ada lapar fisik yang berikutnya. Jikalau lapar fisik berikutnya datang, makan bakso deh awww…hehehe.

3. Makan secara sadar
Awalnya, wadeuhhh gimana ini caranya makan secara sadar? Kayaknya gw sadar deh setiap makan. Nah begitu dikasih tau yang namanya makan sadar itu kita harus menikmati setiap kunyahannya, dan rasakan perubahan rasa dan tekstur makanan tersebut. Kalo kata dokter mahh kunyah tu makanan sebanyak 32 kunyahan. Halah-halah, gw kok ga yakin bisa yah. Biasanya mahh jleb jleb jleb, 5 menit dah kelar makan😀 Triknya adalah kalo kita makan pake sendok garpu, setelah kita menyuapkan satu sendok, langsung tarok di meja or piring itu sendok garpunya. Kunyah dan nikmati makanannya. Trus sebelum suapan berikutnya, kita tanya sama diri kita masih mau makan atau sudah netral. Tiap-tiap orang netralnya beda. Ada yang baru 3 suap udah netral. Pertama gw praktekin rule no 3 ini, alamak suseehhh bener. Hanya dengan beberapa kunyahan udah langsung ketelen deh bok. Tapi lama-lama akhirnya gw bisa. Sekarang gw kalo lagi makan ga bisa diajak ngomong, mulut gw sibuk ngunyah…ahhahaah. Nahhh dibagian ini nih, bisa berasa mana makanan yang emang enak, mana yang enggak enak. Kayak kemaren gw dinner di sency (lupa nama resto chinesenya), mesen sayur po cai garlic. Nah gw kunyah kunyah en kunyah kok makin lama makin pahit rasanya. Kata my hubby, itu tandanya sari sayurnya udah ga ada. Biasanya itu sayur udah lama di simpan dilemari es, bukan sayur yang segar.

4. Berhentilah makan disaat netral
Apa seghhh netral itu? Netral tuh maksudnya kenyang ya enggak, tapi lapar ya juga enggak. Nahh awal-awalnya (ehmmm sekarang juga kadang-kadang masih sih…hehehe) gw suka kebablasan ke zona 6 alias kenyang yang nyaman or sampe ke zona 7 alias kenyang. Pernah juga sengaja mengenyangkan diri gw sendiri, sampe akhirnya my body and my mind refuse to eat. Sebelumnya, gw makan nasi goreng kampung yang di studio XXI Premier bisa 2 porsi, kenyangnya bisa dibilang kenyang zona 7 lah. Nah setelah semingguan mempraktekkan 5 magic rules ini, makanlah nasi goreng kampung ini sambil nonton Harry Potter 7😀 Udah setengah porsi, gw bertanya pada diri sendiri (yeaa i know…i talk a lot with myself now :p ), masih lapar atau tidak. Tapi gw berpikir, ahhh biasanya juga 2 porsi, mustinya 1 porsi doang bisa lah habis. Alhasil, kelar nonton itu gw rasanya kekenyangan minta ampun. Kalo boleh gw muntahin, gw muntahin deh makanannya. Nah dari situ, gw mulai ‘ngeh’ disaat gw mempertanyakan diri gw sendiri masih lapar atau tidak, tandanya gw udah di zona netral. So kenalilah zona keliyan masing-masing🙂 Trus kita jangan merasa sayang untuk menyisakan makanan. Lama kelamaan kita akan tau porsi kita seberapa untuk sampai di zona netral. Sekarang gw kalo makan di restoran selalu sisa. Sisanya ya gw bawa pulang, untuk dimakan saat lapar fisik berikutnya, atau yah gw kasih ke orang di rumah.

Hunger Scale:
10 – Stuffed
9 – Very Uncomfortably Full
8 – Uncomfortably Full
7 – Full
6 – Comfortable
5 – Neutral
4 – Hungry
3 – Very Hungry
2 – Extremely Hungry
1 – Starving

Kuncinya: makan disaat zona 4 dan berhentilah makan di zona 5 kalau mau melangsing. Kalau mau menjaga berat badan, berhentilah makan di zona 6.

5. Tambahkan 2000 langkah setiap harinya dari langkah anda sebelumnya. Bergerak!
Nah untuk rule yang satu ini, kita membutuhkan alat bantu namanya pedometer. Gunanya adalah untuk menghitung langkah kita. Gw pakenya pedometer Omron yang warna merah. Pedometer-nya jg bisa di taro di tas kok…don’t worry, tetep ngitung langkah kita🙂

Hypnolangsing

Nah langkah kita sehari-hari yang udah menjadi rutinitas dihitung berapa langkah, kemudian tambahkan 2000 langkah setiap harinya. Kalo gw biasanya sehari-hari paling 500 langkah. Nah berarti tiap hari gw harus melangkah minimal 2500 langkah. Awalnya gw bingung, mau melangkah kemana sebanyak 2500 langkah…gile ajeh…hehehe. Akhirnya coba ngetes ngukur mall ato supermarket. Trus nyoba jalan bolak balik dari rumah no 1 muter di depan rumahnya Ivan Gunawan😀 (halah ga penting deh gw…hehehe). Cluster perumahan gw sih dari ujung ke ujung cuma 19 rumah berderet. Nyobain juga jalan di treadmill. Nahhh sebenernya gw merasa nyaman sih ngukur mall, tapi yang ada malah bikin program no shopping gw jadi berantakan deh😀 Nah yang berikutnya gw mendingan jalan di treadmill dah ahhh, kalo keliling cluster bisa-bisa gw jd keling plus takut nanti di muka gw bermunculan spot-spot coklat. So far gw treadmill antara 30 menit – 40 menit, dengan speed 5 – 5,5 bisa dapet kurang lebih 5000 langkah. Gw treadmill-nya tiap hari senin sampai minggu.
Lakukan lah yang kalian rasa nyaman, jangan melakukan yang ga bikin enjoy. Remember to move more comfortably! Kalo kita terlalu memforsir tubuh kita untuk berolahraga secara berlebihan, yang ada malah ga langsing-langsing loh.

Selama 2 minggu ini, gw praktekkan 5 magic rules-nya Hypnolangsing with its ups and downs, gula darah gw lumayan normal jadi gw ga minum obat gula darah lagi. trus yang biasanya 2-3 kali seminggu pusing, Thank God udah 2 minggu ini gw belum pusing, trus tidur jadi lebih nyenyak. Bonusnya gw sudah melangsing sebanyak 6 kg. Dari 72 kg, trus 2 hari yang lalu 66 kg🙂 Inget, tiap orang metabolisme tubuhnya beda-beda. Ada yang 2 minggu juga sama kayak gw, belum turun berat badannya tapi ukuran celana/baju udah mengecil. Jadi jangan patah semangat, pokoknya dijalanin ajah deh 5 magic rules-nya.
Ubahlah kebiasaan anda dengan 5 magic rules and the rest will follow, gitu kalo kata Mas Juli Triharto🙂
Oh iya, satu hal lagi, minum air putih yang cukup yah. Air putih membantu sekali untuk pembakaran lemak. Gw yang tadinya ga suka banget sama air putih, sekarang air putih is my new bff😀 Porsi makan gw juga berkurang banyak banget, keluarga di rumah pada amazed. Secara gw mantan kuli bok…makannya 2 bakul. LOL. Trus gw lebih banyak mengkonsumsi sayur dan lauk pauk. nasi putih biasa sebakul, sekarang mah paling 5-7 sendok makan. Terkadang gw makan siang cuma makan 2 chicken wings KFC udah netral. Oh iya, secara gw diabetes, jadi gw memang tidak memakan atau minum yang manis-manis, even itu buah-buahan sekalipun.

Gw juga punya target…gw pengen berat badan gw 50 – 55 kg atau pake baju/celana size 6. Jennifer Hudson ajah dari size 16 bisa ke size 6, masa akyu tak bisa…hehehehe.

Doakan aku berhasil yah teman-teman🙂

Selain gw udah baca bukunya dan ikutan group session-nya, gw juga membeli CD sugesti Hypnolangsing. Kita juga sebaiknya mendengarkan CDnya sehari sekali dan harus didengerin selama 90 hari.
Saran gw sih, kalo baca bukunya masih kurang menggigit, mendingan ikut group session-nya deh. Investasi yang sangat bagus menurut gw. Daripada keluar duit banyak buat suntik-suntik dan lain sebagainya yang ga jelas efek sampingnya, mendingan ikut hypnolangsing ajah dah, permanent lohh (asal dijalanin 5 magic rules-nya yah)😉

Postingan gw ini tidak mencakup semua materi baik yang dibuku maupun yang disaat group session yah. Banyak hal-hal ataupun ilmu-ilmu yang tidak gw bahas disini. Jadi kalo mau melakukan hypnolangsing ini sebaiknya beli bukunya dan baca dan pahami! Atau ya ikut group session-nya🙂

Untuk info mengenai group session atau ingin membeli CDnya bisa contact
Ms. Eno di email: onlinestore@hypnolangsing.com atau telpon di 021-32890995. Jangan lupa ceki ceki website-nya: http://www.hypnolangsing.com.
Bisa juga follow twitter-nya:
Twitter.com/HypnoLangsing
Twitter.com/JuliTriharto
Twitter.com/NunnyHersianna
Or di facebook juga ada, search ajah hypnolangsing.
Last but not least, mampir juga ke thread hypnolangsing di http://www.femaledaily.com😉

*Notes: gw menulis postingan ini tanpa ada maksud menggurui atau merasa lebih pandai. Gw hanya ingin sharing ajah dan juga mengajak teman-teman untuk ikutan hypnolangsing. Oh iya postingan ini gw bikin tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan juga bukan iklan loh yah. Postingan ini purely karena gw satisfied dan ingin sharing apa yang udah memberikan manfaat yang sangat baik untuk diri gw. Mohon maaf apabila ada salah kata ataupun tidak berkenannya postingan ini. And from the bottom of my heart, I thank you very much Mas Juli dan Mba Nunny. Karena kalian berdua, i feel good about myself more and more healthy🙂 And also big thanks to Affi from fashionesedaily.com yang sudah membuat artikel tentang hypnolangsing dan gw jadi ikutan deh🙂

About MrsRance

Just an ordinary woman who loves her family and bags :) In between she loves to cook, to bake, to take photos, to read, and golf. All content and photography is the property of MrsRance. Email: mrsrance [at] yahoo [dot] com

38 responses »

  1. Waaah Ran, bacanya aja gw ngerasa ikut seneng🙂 kayanya metode ini asik bgt ya…
    Makin bikin seneng, krn badan sehat ya Ran…

    Ayo semangat Ran, semoga target tercapai dgn lancar…

  2. Wah, Ran! Gw seneng bgt deh baca ttg keberhasilan lo ini. Semoga bb yg diinginkan tercapai, ya. One of these days hrs coba nih! Gw sih udah coba2 praktekin magic rulenya, cuman msh blom bisa nentuin zone netral gw apa, plus ngunyah dgn bener. Btw, investasi grup sessionnya bisa dishare juga?

    • Thank you Pia. Aminn…moga2 tercapai🙂 Coba deh Pi…menyenangkan deh. Nanti lama2 makin aware mana netral mana kenyang. Kendala awal gw juga tuh, ngunyah dengan perlahan…kebiasaan cepet, 5 menit juga dah kelar makan…hahahha. Investasinya 2 jt (gw dpt disc 10%), 3 kali pertemuan dari jam 10.00 – 13.30. Ada yg tiap kamis, ada yg tiap sabtu. Tapi bakalan yg intensif bulan december yg dua hari berturut-turut tgl 3 dan 4 december 2010.

  3. Postingannya bagus banget mbaa..gw jadi ngerti mana kenyang mana netral,dan kayanya selama ini gw selese makan di step 7,kadang bablas 8 kalo weekend😀
    Tapi alhamdulilah udah mulai bisa ngontrol dan bisa ngenalin mana laper mana emosi.biasanya abis padang nasi 1 sebungkus,kemaren bisa nasi 1/2, dan hari ini nasi 1/4 pun uda cukup! Hoyeee😀 thx postingannya mba, gw save ah,mana tau lupa jd tinggal nyontek😀

    • Thank you Nitta :)) sama banget, dulu kalo makan padang ganasnya minta ampun, nasinya bisa satu stengah porsi, ayamnya 1 potong dada…hahahah. Skrg 1/4 ajah dah cukup deh. Gw jg masih suka bablas ke 6 kok…hehehe. Musti gw tingkatkan lg supaya berhenti di netral. Pesen gw kayak kata mas Juli, “sempurnakan terus 5 magic rulesnya.” :)) sukses yahh!

  4. rannn….thanks yah udah shared cerita lo…nambah motivasi nih. gue mo praktekin 5 magic rules nya dulu…soalnya gue ke jkt nya ntar menjelang xmas jd ga sempet kmrn yg 3-4dec.
    intinya emg kgk boleh maruk yah, which is susah bener buat gue :D:D:D
    smg sukses sampe mencapai target yah, ran.
    gue pengen krg 5 kilo nih…ampun deh susah bgt!😦

    • My pleasure Rika :)) kalo gw lg kemaruk, biasanya gw sisain buat laper fisik berikutnya Rik. Skrg gw mikirnya gitu, ah ntar kan laper😀 so far paling bablas ke 6, udah jarang buanget ke 7. Trus lo minum air putih ajah segelas sblm makan supaya ga bablas.
      Iyah moga2 berhasil sampai target yah kita :)) thank u Rika😉

  5. Hai Ran, salam kenal yah😀 gw nyasar ke blog ini pas
    penasaran soal hypnolangsing dan impressed banget sama kecanggihan
    metode ini. So happy to hear your result. Langsung tertarik buat
    nyobain. Eh tapi gw kan lagi nyusuin nih…di hypnolangsing ini
    dijelasin ngga pengaruhnya buat busui? takutnya klo gw menjalankan
    hypnolangsing ini, asinya jadi berkurang. Sejak melahirkan (eh
    sejak hamil deng, hehe) gw makan sepuasnya dengan alasan “kan gw
    nyusuin” hihi, tapi to be honest rasanya kebablasan dan rasanya
    badan ngga enak (baca: kelebihan berat) trus pake baju juga ngga
    pede.

    • Hi Meta, salam kenal juga🙂
      Meta, ibu hamil dan ibu menyusui ga ada halangan untuk mengikuti metode hypnolangsing kok. Coba deh ikutin twitternya mas @JuliTriharto kamu bisa tanya2 langsung sama mas Julinya.
      Iya bener banget selain ga pede, badan juga rasanya gimana gituh…i feel you banget Meta :))
      Okay, mudah2an sukses yah kalo udah ikutan hypnolangsing😉

  6. hi mbak!
    tulisannya boleh dishare di blog ku ga?
    pengen turun 5kg…siapa tau bisa memotivasi teman2 yang pengen kurus juga…
    btw, targetnya udah terpenuhi…?
    thanks ya

    • Hi Putri…boleh kok dishare😉
      Target sih turun berat badan belum tercapai, pengen nambah 5 kg lg. Tp kalau target penurunan gula darah sudah tercapai, plus skrg aku udah jarang bgt pusing. Menjadi sehat sebenernya yg jadi target utamaku :))

  7. Pingback: My on-off relationship | ndutyke's stories

  8. duh….. mau donk caranya….. gmn tuh….. kok kayaknya sulit ya…. padahal dah juga olah raga loh….. btw sukses untuk programnya… jd pingin….

  9. halo,mba rann.. seneng bgt baca postingan mba.. aku kemarin baru aja ikut seminarnya mas juli.. dan aku sangat tertarik.. entah kenapa semenjak pulang dari seminar isinya selalu 5MR itu,mba.. hehe..

    oya,mba,,dari 5MR-nya mudah2an aku sudah ngerti,mba.. cuma yang masih aku bingungin adalah rule yang berhenti disaat kau netral.. jujur,mba,,aku masih bingung gimana nentuin zona netral aku,mba.. kalo mba Ran sendiri buat mastiin sudah berada di zona netral itu gimana,mba?? apakah setiap suapannya kita selalu bertanya ke diri kita “kita udah lapar, netral atau kenyang??”.. kalo menurut aku, yang paling susah adalah menentukan hunger scale no 4 sampai dengan 6.. yaitu dimana kita menentukan hungry, neutral, dan comfortable.. itu menurut aku susah,mba.. whuaa,mba raan,help me😦

    makasih🙂

    • Hi Ista,
      Makasih yah udah baca2 postingan aku🙂

      Ista, aku juga masih suka kelewatan tuh netralnya, emang ga gampang. Kalo aku biasanya 5 suap itu pas utk netral. Nah utk mastiin kita lapar bener ato lapar emosi, minum 1 gelas air putih, kalo msh lapar berarti beneran laper tuh. Trus jangan lupa ngunyahnya selama mungkin😀

      Ista mudah2an berhasil yah melangsingnya😉

  10. hi mba
    aq turun 16 kg dr Des 2010 smp skrg
    yg sebelumnya 15 kg (comment aq di tgl 20 sept 2011)
    eh nurunin 1 kg lagi setelah turun 15 kg malah susah
    krn mulai ngemil lagi, mulai makan gorengan lg

    mbak udah ada milis yg lagi proses menurunkan bb dgn hypnolangsing atau belum?
    kan seru tu kl bareng2 program 5 magic rules
    ditunggu y kabarnya

    ^_^

    • whuaaaa,,senangnya yaaaa…
      mba dee pake 5MR-nya kah?? whuihhh,mantaaabb…

      kalo aku masih suka bandel,mba.. hehehe..
      aku punya gangguan tidur nih,mba :(( seperti insomnia gitu,mba.. jadi aku mulai bisa tidur sekitar jam 5-6pagi terus itu yg bikin aku bangun jam 1 siang.. alaaamaaak… untung aja aku skrg lagi ngerjain TA,mba,,jd ga terlalu dituntut untuk bangun terlalu pagi.. kalo meskipun aku ada acara jam 8,,lebih baik aku ga tidur,mba.. whuaaaa :(( j,,jujur,mba,,ini yg ngebuatku sedih :((
      jujur,mba,,aku bingung,,aku mesti gimana biar jadwal tidur aku seperti biasa lagi.. mba,punya rekomendasi kah?? terima kasih seblumnya🙂

      oya,mba,,aku juga mau dong ikutan milis yang seperti ituu.. kalo ada,,kabar-kabari ya,mba… terima kasihh..

      • Hai Tata,

        Coba deh kamu olah raga rutin, setengah jam – 1 jam sehari. Mudah2an bisa ga insomnia lagi.

  11. Thanks buat postingannya..emang lagi cari metode langsing yang nggak nyiksa dan ketemulah sama blog ini:). Pengen nyoba..semoga bisa berhasil

  12. wahh senangnya baca blog ini🙂 saya tahu hypnolangsing dari instagram, trus penasaran sama mas Juli, hmm karena saya tinggal di kampung, dan programnya cuma ada di Jakarta… jadilah saya beli bukunya dulu😀 .. trus saya baca blog ini jadi gak sabar nunggu bukunya dikirim hehehe..

    thank you ya mbak.. selama ini saya suka merasa berdosa kalo makan bakso hahaha .. I love this post! sangat mencerahkan

    • Halo Ericka, thank you udah baca2 postingan sy🙂 semoga berhasil yah hypnolangsingnya. Enak deh kalo hypnolangsing boleh makan apa ajah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s