{baking} Cheesy Brownies

Standard

Gw tgl 7 Feb –  10 Feb belajar bikin cake di Puspita Bogasari Baking Center yang di pasar modern. Diajarinnya dan resepnya sih brownies coklat, tp gw mencoba bikin sendiri brownies keju😀 Ini gw sharing yah resep dan foto2nya. Resep credits: Puspita BBC, photo credits: me, myself, and I🙂 Notes: sebaiknya semua ditimbang yah pake timbangan! jangan kira2…ga tanggung hasilnya kalo kira2…nanti hasilnya ya juga kira2 :p
Untuk Cheesy Brownies ini gw bikin adonannya 1,5 kali resep…it means semua gram2annya gw kali 1,5. tapi yang tertulis di resep ini adalah 1 kali resep.

Ini itungan kalo 1 kali resep:
Porsi: 910 gram
Hasil: 2 buah
Pembakaran/baking: 150 C, 50 menit
Cetakan: Persegi, 30x10x4cm

Photobucket
Bahan:
White Chocolate Compound 500 gr (gbr 1)
Terigu Segitiga Biru 350 gr, diayak supaya halus. (gbr 2)
Gula 350 gr (gbr 3)
Margarin 200 gr (gbr 4)
Telur 250 gr (kurleb 5 butir) (gbr 5)
Keju 75 gr, iris kotak2 kecil (gbr 6)
Air 75 gr (gbr 11)
Baking powder 2 gr (gbr 8)
kacang mede 100 gr, iris2 kecil (gbr 10)
Shortening (digunakan utk olesan loyang) (gbr 9)

Shortening is a semisolid fat used in food preparation, especially baked goods, and is so called because it promotes a “short” or crumbly texture (as in shortbread). Shortening is fat or lard from an animal or vegetable. The term “shortening” can be used more broadly to apply to any fat that is used for baking and which is solid at room temperature, such as butterlardsuet, and margarine. Shortening often has a higher smoke point than butter and margarine, and it has 100% fat content, compared to about 80% for butter and margarine. – source: wikipedia

Bahan Topping:
Almond keping 100 gr (gbr 7)
Irisan keju 50 gr, untuk ditaburi diatas adonan

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin, air, dan gula hingga mendidih, juga sebagian gula larut
Photobucket
Photobucket

2. Cincang white chocolate compound hingga kecil potongannya. Masukkan ke dalam mangkuk mixer

3. Tuangkan campuran margarin, air, dan gula ke dalam keju, kemudian kocok dengan kecepatan rendah (speed 1) hingga coklat larut

4. Setelah adonan hangat, masukkan telur ke dalam adonan diatas secara bertahap hingga tercampur rata. Note: masukkin telornya jangan berbarengan yah…dikit2 dulu masukkinnya
Photobucket

5. Masukkan baking powder dan terigu yang sudah diayak ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata
Photobucket

6. Masukkan kacang mede yg sudah dipotong kecil2 dan potongan keju ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata
Photobucket
Photobucket

7. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dialasi kertas dan dioles shortening
Photobucket

8. Taburi permukaannya dengan almond dan irisan keju
Photobucket

9. Bakar di oven pada suhu 150 C selama 40 menit (Imho, krn keju jd kan cepet kering tuh, jd 40 menit saja bakarnya. Yg ini gw bakar selama 50 menit, jd agak kekeringan atasnya)

1,5 resep yg gw bikin menghasilkan cheesy brownies:
Photobucket

SELAMAT MENCOBA🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s