{Maximus} Breastfeeding…

Standard

Kali ini gw mau cerita soal ASI.
Waktu Max lahir sih campur antara ASI sama sufor, krn Max lama di NICU. Nah pas pulang ke rumah, bersyukur banget bisa kasih Max full ASI sampai Max umur 5 bulan. Selama menyusui gw jarang banget pergi, bisa diitung dengan jari. Kenapa? Karena kalo pompa dapetnya ga mencukupi kebutuhan Max. Sehari cuma bisa pompa pagi doang itupun cuma dapetnya berkisar 90ml – 160ml. Jadi gw prefer untuk menyusui langsung. Nah seminggu setelah Max ulang bulan yang kelima, tiba-tiba ASI gw menyusut, ga tau kenapa, mungkin karna ga minum mama soya selama 2 hari atau karena datang bulan. Jadilah dikasih suplemen susu formula. Wahhh Max ga mau dikasih similac…nangis2 dia. Sedih banget deh…disusuin langsung ehhh boobiesnya* tongpesss😦 terpaksa deh semua sufor gw beli: s26, enfamil, enfamil soya, nutribaby, anmum, Nan. Semua Max ga mau kecuali si Nan ternyata Max mau, walopun ngasihnya juga yang rada susah, mau-mau enggak gituh. Agak lega dan tenang jadi Max ga bakal kelaperan, dan ini bikin gw jadi ga stress. Karena kalo gw stress yang ada malah bikin produksi ASI gw menurun kan. Oh iya kenapa gw ga kasih ASIP ajah daripada sufor…ya karena gw ga punya stok ASIP, boro-boro mompa, disusuin langsung ajah masih kekurangan si Max.

Akhirnya gw curhat, nah sama temen-temen disuruh ke klinik laktasi. Sore itu juga gw langsung ngacir ke St. Carolus gading serpong. Yg lagi tugas suster Eka. Trus ditanyalah kan ya sama si suster & gw cerita panjang kali lebar😀
Wejangan dari suster Eka:
1. Harus banyak makan sayur yang berwarna hijau, sop-sop berkuah
2. Banyak makan kacang-kacangan, boleh kacang hijau, kacang kulit, dan lain-lain
3. Hanya minum air putih sehari minimal 3 liter, ga boleh soda, teh, kopi
4. Positive thinking ASInya selalu cukup untuk baby kita
5. Kalo boobs* kanan yang di susuin, setelahnya boobs kiri kudu diperah pake tangan alias marmet, jangan dilihat berapa banyaknya, begitu pula sebaliknya kalo yang disusuin boobs kiri, setelahnya boobs kanan yang diperah

Info juga dari Mita (thanks yah Mita) untuk ikutan hypnobreastfeeding sama:
Fonda Kuswandi
twitternya @fondakuswandi
021-53674555
FondaKuswandi@yahoo.com
Gw belom sempet hubungin Fonda, neex week sih rencananya.

Sekarang lagi dilakuin ke 5 poin diatas plus tiap hari minum suplemen utk ASI seperti lactamam, fenugreek, asifit, gaia lactation support, moloco, milmor nf. Mudah-mudahan produksi ASInya berkecukupan untuk baby Max…Aminn.

Ps:
*boobies/boobs: payudara

Comments are closed.